(GFD-2023-13124) [SALAH] AKSI TURUNKAN JOKOWI! KETUA BEM UI, UGM & AKTIVIS PAKSA JKW MUNDUR ATAU KEJADIAN 98 KEMBALI TERJADI!

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 24/07/2023

Berita

Akun Youtube Gajah Mada TV mengunggah video pada tanggal 23 Juni 2023 dengan judul: “AKSI TURUNKAN JOKOWI! KETUA BEM UI, UGM & AKTIVIS PAKSA JKW MUNDUR ATAU KEJADIAN 98 KEMBALI TERJADI!”.

Hasil Cek Fakta

Video pertama yang dicuplik adalah video yang identik dengan video yang diunggah di channel Youtube Abraham Samad SPEAK UP pada tanggal 20 Juni 2023 dengan judul: “Ketua BEM UI: Presiden Jokowi, Jangan Bunuh Demokrasi & Antikorupsi”.

Video kedua yang diunggah adalah video yang identik dengan pertemuan Prabowo dan Surya Paloh pada tanggal 2 Juni 2022 yang diliput oleh akun Youtube tvOneNews dengan judul “Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh | Kabar Pagi tvOne”.

Video ketiga yang dicuplik adalah video yang identik dengan kegiatan pelantikan DPD Demokrat pada tanggal 15 Maret 2022 yang diliput oleh akun Youtube tvOneNews dengan judul: “Situasi Langsung Pelantikan DPD Demokrat di Kemayoran | Kabar Siang tvOne”.

Video keempat yang diunggah adalah video liputan akun Youtube Kompas TV Medan pada tanggal 10 Maret 2023 dengan judul: “Mahfud MD Sebut Transaksi Janggal Rp300 T di Kemenkeu Libatkan 460 Orang Lebih”.

Video lain yang diunggah adalah video kumpulan beberapa demonstrasi mahasiswa yang tidak ada kaitannya dengan narasi yang disampaikan dalam video. Narasi yang disampaikan dalam video merupakan cuplikan opini dari Denny Indrayana pada Rabu 21 Juni 2023 mengenai Anies Baswedan akan segera jadi tersangka korupsi di KPK.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Ketua BEM UI, UGM & Aktivis yang memaksa Presiden Jokowi mundur dengan ancaman kembalinya kejadian reformasi 98.

Kesimpulan

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi mengenai Ketua BEM UI, UGM & Aktivis yang memaksa Presiden Jokowi mundur dengan ancaman kembalinya kejadian reformasi 98.

Rujukan