(GFD-2023-13121) [SALAH] Rumah Anies digeruduk The Jack

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 23/07/2023

Berita

“RUMAH ANIES DIGRUDUK THE JEK AKSI TUNTUTAN KEADILAN MEMAKAN KORBAN JIWA”

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video YouTube dengan klaim suporter Persija (Jakmania) mendatangi rumah Anies Baswedan. Aksi tersebut sebagai tuntutan keadilan yang memakan korban jiwa. Faktanya, informasi tersebut tidak benar.

Setelah dilakukan penelusuran, dalam video yang berdurasi 8 menit itu, tidak ditemukan informasi tentang kronologi Jakmania yang mendatangi rumah Anies Baswedan. Narasi dalam video menjelaskan tentang permasalahan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang dinilai tidak sesuai dengan standar FIFA.

Selain tidak ada kaitan klaim dengan isi video, thumbnail yang digunakan juga tidak ada kaitannya dengan rumah Anies Baswedan. Berdasarkan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik dengan artikel unggahan Tirto.id pada Februari 2019 lalu. Berdasarkan informasi dalam artikel, foto tersebut merupakan rombongan tim Persija Jakarta bersama suporter Jakmania melakukan pawai di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

Kesimpulannya, informasi yang diunggah akun YouTube tersebut tidak benar. Unggahan itu termasuk kedalam kategori konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Informasi tidak benar. Tidak ditemukan kronologi ketika suporter Persija (Jakmania) saat mendatangi rumah Anies Baswedan dalam video. Thumbnail yang ditampilkan tidak terkait dengan klaim.

Rujukan