(GFD-2023-13092) [SALAH] “Akun Facebook Maia Estianty mengiklankan AC Mini”

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 17/07/2023

Berita

Akun Facebook “Maia Estianty” (fb.com/100094638545935) pada 12 Juli 2023 mengunggah beberapa foto dengan narasi:

“Saya tidak setuju untuk mengiklankan merek apa pun, saya juga tidak pernah mengiklankan uang. Namun, AC hemat energi ini dapat membantu jutaan keluarga Indonesia mengurangi tagihan listrik bulanan mereka. Jadi saya ingin lebih banyak orang mengetahuinya.”

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook yang mengatasnamakan artis Maia Estianty yang diklaim mengiklankan AC mini merupakan konten tiruan.

Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Akun Facebook asli milik Maia Estianty adalah facebook.com/maiaestiantymussry. Akun Facebook yang asli ini tercantum di Linktree yang ada di bio akun Instagram terverifikasi milik Maia Estianty.

Selain itu, foto yang digunakan sumber klaim merupakan foto editan. Salah satunya foto yang dimanipulasi adalah foto Maia Estianty yangs edang duduk. Di foto yang asli yang salah satunya dimuat di artikel berjudul “Maia Estianty Spill Topi yang Dipakai Saat Diundang Ratu Inggris, Seharga Moge!” yang terbit di situs antvklik.com pada 8 Agustus 2022, tidak ada AC mini di atas meja seperti yang ada di foto yang diunggah sumber klaim.

Kesimpulan

Akun palsu. Akun Facebook asli milik Maia Estianty adalah facebook.com/maiaestiantymussry. Akun Facebook yang asli ini tercantum di Linktree yang ada di bio akun Instagram terverifikasi milik Maia Estianty.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Rujukan