(GFD-2023-13084) [SALAH] Tak Sanggup Bersaing dengan Anies, Prabowo Mengundurkan Diri dari Pilpres 2024

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 18/07/2023

Berita

“BIKIN HATI DAGDIGDUG:bangbang:PRABOWO UNDURKAN DIRI MENGAKU TAK SANGGUP LAWAN ANIES JIKA BEGINI”

Hasil Cek Fakta

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim yang menyebut Prabowo Subianto mengundurkan diri dari bursa pemilihan presiden 2024 mendatang. Dalam narasi yang tertulis di video, Prabowo disebut tidak sanggup jika harus bersaing dengan Anies Baswedan.

Namun tidak ditemukan informasi valid yang membahas tentang pengunduran diri Prabowo. Narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh laman resmi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan judul “PKS Yakin Dukungan Purnawirawan TNI/Polri Kokohkan Jalan Kemenangan Anies.”

Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa sejumlah purnawirawan TNI-Polri tergabung dalam Forum Purnawirawan Perwira untuk Perubahan (FP3) memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). PKS menganggap dukungan yang diberikan FP3 bukan kaleng-kaleng dan bisa menjadi sumber masukan untuk Anies.

Selain itu, hingga saat ini tidak ditemukan berita dari media yang kredibel mengenai isu pengunduran diri Prabowo dari kontestasi pemilihan presiden pada Pemilu 2024.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi pengunduran diri Prabowo dari Pilpres 2024. Narasi yang dibacakan dalam video berisi tentang sejumlah purnawirawan TNI-Polri tergabung dalam Forum Purnawirawan Perwira untuk Perubahan memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Rujukan