(GFD-2023-13080) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Presiden Prancis dan Istrinya sedang Menari

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 17/07/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Marie-Claude Macron yang sedang menari. Informasi tersebut dibagikan salah satu akun Facebook, pada 9 Juni 2023.
Unggahan klaim video Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Macron sedang menari menampilkan seorang perempuan dewasa dan seorang anak lelaki melakukan tarian.
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Ini adalah klip TV dari 30 tahun yang lalu. Video ini sangat menarik, bukan hanya karena rangkaian tariannya, tetapi juga karena, anak laki-laki ini adalah Presiden Prancis saat ini, dan penari wanitanya adalah gurunya (Brigitte Macron) yg skrg jd istrinya... Sekarang Macron berusia 45 th dan istrinya 69 th.. Menarik! ! ! bukan? * 🤷‍🤷‍♀ 🤷‍🤷‍♀ 👀👀"
Benarkah klaim video Presiden Prancis dan istrinya sedang menari? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Presiden Prancis dan istrinya sedang menari, dengan menggunakan Google Image.
 
Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Old reality show video of a ballroom dancer shared as 30-year-old clip of French President Emmanuel Macron dancing with his wife" yang dimuat situs factly.in, pada 4 Januari 2023.
Artikel factly.in mengulas seputar video yang diklaim, artikel factly.in menyabutkan video yang dibagikan dalam postingan menunjukkan penampilan penari ballroom Jake Monreal di acara 'So You Think You Can Dance' (SYTYCD) pada tahun 2016. Sebagai bagian dari pertunjukan SYTYCD: Next Generation, Jake Monreal dan penari Jenna Johnson melakukan rutinitas Cha Cha ke lagu "Toca Toca (Radio Edit)". Video itu tidak ada hubungannya dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron.
 
Sumber:https://factly.in/old-video-of-a-ballroom-dancer-shared-as-30-year-old-clip-of-france-president-emmanuel-macron-dancing-with-his-wife/

Kesimpulan


Hasil penelusuran klaim video Presiden Prancis dan istrinya sedang menari tidak benar.
Video yang dibagikan dalam postingan menunjukkan penampilan penari ballroom Jake Monreal di acara 'So You Think You Can Dance' (SYTYCD) pada tahun 2016.