(GFD-2023-13070) [SALAH] KEPUTUSAN FINAL PARTAI PAN, ZULKIFLI HASAN DAN KADER PAN RESMI DEKLARASIKAN ANIES

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 15/07/2023

Berita

Jokowi panik !! hasil keputusan final partai pan , zulhas & kadernya resmi deklarasikan anies

TEPAT HARI INI…
KEPUTUSAN FINAL PARTAI
ZULHAS & KADER PAN RESMI DEKLARASIKAN ANIES

Hasil Cek Fakta

Channel youtube POLITIK NEGARA mengunggah video yang menampilkan thumbnail gambar panggung dengan banner Anies beserta sekumpulan orang berpakaian biru. Dalam video tersebut terdapat narasi yang menyatakan bahwa Zulkifli Hasan dan kader Partai PAN resmi deklarasikan Anies.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut hanya menampilkan cuplikan video dan gambar dari peristiwa yang tidak ada kaitannya dengan klaim dalam video.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com berjudul “Kader PAN Akan Deklarasi Relawan ‘Amanat Indonesia’ Pendukung Anies” yang diunggah pada 4 Mei 2023.

Thumbnail yang menampilkan panggung dengan banner Anies beserta sekumpulan orang berpakaian biru tersebut identik dengan foto yang dimuat artikel tribunnews.com berjudul “Rakornas PAN 2023 Digelar di Semarang, Jokowi Harapkan Caleg dari Jateng Tembus DPR RI di Pileg 2024” yang diunggah pada 26 Februari 2023.

Dalam foto aslinya di panggung tersebut tidak menampilkan banner bergambar Anies, sehingga dapat dipastikan thumbnail tersebut adalah hasil manipulasi dari foto pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Padma, Kota Semarang, Minggu 26 Februari 2023.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan bahwa Zulkifli Hasan dan kader Partai PAN resmi deklarasikan Anies adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan, selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video juga tidak ditemukan informasi terkait Zulkifli Hasan dan kader Partai PAN resmi deklarasikan Anies.

Rujukan