(GFD-2023-13068) [SALAH] AKIBAT TAK USUNG ANIES, EKS KADER PAN BAKAR ATRIBUT PARTAI

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 15/07/2023

Berita

Akibat tak usung Anies !! eks kader andalan Jokowi bakar atribut partai Zulhas syok meliha ini

AKHIRNYA TERJADI
ATRIBUT PARTAI DI BAKAR
AKIBAT TAM USUNG ANIES ELS KADER PAN LAKUKAN INI

Hasil Cek Fakta

Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa eks kader PAN membakar atribut partai akibat tidak usung Anies beredar dari channel youtube POLITIK NEGARA.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan. Video tersebut hanya menampilkan beberapa cuplikan video serta gambar dari peristiwa yang berbeda.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari tempo.co berjudul “Partai Amanat Nasional Meradang, Kadernya Deklarasikan Relawan Anies Baswedan Capres 2024” yang diunggah pada 8 Mei 2023.

Dalam artikel tersbut dijelaskan bahwa PAN saat ini masih melakukan penjajakan dan pendalaman sebelum mendeklarasikan Capres maupun Cawapres.

Thumbnail yang menampilkan seorang wanita sedang membakar atribut Partai PAN tersebut identik dengan foto unggahan artikel tribunnews.com berjudul “Asnah Gabung ke Nasdem Partai Besutan Surya Paloh Setelah Hengkang dari Demokrat” yang diunggah pada 3 Agustus 2023.

Foto tersebut merupakan peristiwa saat Mantan Ketua DPD Partai Demokrat Kepulauan Riau Asnah melepaskan baju dan atribut Partai Demokrat sebagai tanda pengunduran dirinya dari Partai Demokrat.

Dengan demikian, klaim narasi yang emnyatakan bahawa eks kader PAN membakar atribut partai akibat tidak usung Anies adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan, thumbnail merupakan hasil suntingan dan dalam video tidak ditemukan informasi terkait eks kader PAN membakar atribut partai akibat tidak usung Anies.

Rujukan