(GFD-2023-13066) [SALAH] “SANDIAGA UNO AJAK KADER PPP BERGABUNG DENGAN DEMOKRAT DAN DUKUNG ANIES-AHY DI PILPRES 2024”

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 15/07/2023

Berita

Live Sore Ini !! K4der P-pp Ikut K0mand0 S4ndiaga Uno D3mi Dukun9 Du3t An1es-Ahy Di Pilpres 2022

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Perspektif” mengunggah video dengan narasi bahwa Sandiaga Uno ajak kader PPP bergabung dengan Demokrat dan dukung Anies-AHY dipilpres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Narator dalam video hanya membacakan salah satu artikel milik Suara.com dengan judul “Menilik Kemungkinan Duet Anies dan AHY Usai Pertemuan di Pacitan”.

Salah satu cuplikan video identik memperlihatkan sosok Sandiaga Uno yang sedang berpidato, potongan video tersebut sama dengan unggahan akun Youtube milik
Official iNews dengan judul “Video Full Sandiaga Uno Sampaikan Pidatonya Dalam Acara Pesan Persatuan Jakarta”.

Saat ini terdapat tiga nama yang digadang-gadang menjadi bakal calon presiden, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, tetapi belum ada informasi valid siapa yang akan menjadi bakal cawapres Anies dipilpres 2024 nanti.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa andiaga Uno ajak kader PPP bergabung dengan Demokrat dan dukung Anies-AHY dipilpres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Sandiaga Uno ajak kader PPP bergabung dengan Demokrat dan dukung Anies-AHY dipilpres 2024.

Rujukan