(GFD-2023-13059) Cek Fakta: Tidak Benar Video Ada Mata Air dan Api di Mekkah

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 14/07/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Marak beredar lagi postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi. Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.
Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 September 2018.
Dalam postingannya terdapat video berdurasi 3 menit 16 detik dengan narasi sebagai berikut:
"Berita terbaru...!!!Di Mekah ada mata air yg mana airnya mengalir bersama2 dengan api. Hal itu tertuliskan dalam Al Qur'an bahwa salah satu tanda kiamat adalah adanya jenis mata air ini ......... Kecocokan antar dua elemen yg saling bertolak belakang.đŸ‘‡TOLONG JANGAN HANYA DIBACA INI BUKAN POSTINGAN BIASA....."
Hingga saat ini postingan itu telah dilihat 7,9 juta orang dan mendapat lebih dari 15 ribu komentar.
Lalu benarkah postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari JPNN.com berjudul "Lokasi Mata Air - Api Itu di Iraq, Bukan di Mekkah" yang tayang pada 20 November 2017.
Dalam artikel tersebut dijelaskan bawah lokasi mata air tersebut berada di Distrik Chamchamal, Provinsi Sulaymaniyah, Irak. Api muncul karena air memancar bersamaan dengan gas yang bertekanan tinggi.
Arus gas dan air itu merupakan hasil dari penggalian dua sumur minyak yang dilakukan pemerintahan Inggris dan Iraq pada 1936 serta 1954.
Cek Fakta Liputan6.com juga menemukan artikel Cek Fakta dari media asal Portugal, Observador berjudul "Fact Check. Spring in Mecca throws water and fire at the same time?" yang tayang pada 27 Februari 2023.
Dalam artikel itu dijelaskan bahwa fenomena air dan api dalam sebuah sumur disebabkan karena adanya gas alam yang ada di daerah tersebut. Api menyembur setelah ada penggalian untuk mencari air untuk keperluan irigasi di daerah tersebut.

Kesimpulan


Postingan video yang mengklaim adanya mata air yang mengalir bersama api di Mekkah, Arab Saudi adalah tidak benar. Faktanya mata air tersebut berada di Irak.

Rujukan