(GFD-2023-13056) [SALAH] Ganjar Diperiksa Bawaslu, Tertangkap Basah Bagi- Bagi Uang

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 30/06/2023

Berita

D3tik² G4njar P-dip Dip3riksa B4w4slu Saat Tert4ngk4p B4sah Money Politik.

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video Facebook dengan klaim Ganjar Pranowo diperiksa Bawaslu usai tertangkap basah bagi-bagi uang. Thumbnail pada video menunjukkan Ganjar Pranowo sedang berada di kantor Bawaslu. Foto tersebut dibuat seolah-olah Ganjar sedang diwawancara media setelah diperiksa Bawaslu. Faktanya, foto tersebut hasil manipulasi.

Berdasarkan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto identik saat Ganjar Pranowo mendatangai KPU untuk menyaksikan rapat pleno terbuka pada tahun 2019. Foto yang serupa itu diunggah oleh laman resmi Humas Jateng. Pada rapat pleno tersebut, nampak Ganjar didampingi oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen.

Klaim video yang menyebut Ganjar tertangkap basah bagi-bagi uang juga tidak ada dalam video. Video berdurasi 8 menit 14 detik itu, justru menjelaskan tentang politikus PDIP bagi-bagi amplop di masjid.

Dengan demikian, unggahan YouTube dengan klaim Ganjar diperiksa Bawaslu akibat bagi-bagi uang adalah tidak benar. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Thumbnail video merupakan hasil manipulasi. Foto aslinya, Ganjar berada di KPU mengikuti rapat pleno terbuka oleh KPU Jateng pada 2019.

Rujukan