(GFD-2023-13047) Cek Fakta: Tidak Terbukti Dalam Video Ini Dolar Milik Rafael Alun Ditimbun di Bawah Tanah

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 12/07/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video dolar milik Rafael Alun ditimbun di bawah tanah. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 10 Juli 2023.
Unggahan klaim video dolar milik Rafael Alun ditimbun di bawah tanah menampilkan sebuah alat berat sedang mememindahkan dua buah kotak, kemudian kotak tersebut dibukan pintunya dengan berbagai alat bantu seperti kapak dan gerinda, setelah bagian kotak tersebut terbuka terdapat berisi uang kertas dan pada sisi kota lainnya terdapat senjata api laras pendek di dalam kotak tersebut.
"Dalam video tersebut terdapat tulisan
"MAMPUS LO RAFAEL ALUN PEGAWAI PAJAK".
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"*👇👇 INFORMASI NYA VIDEO DOLAR $ MILIK "RAFAEL ALUN" DITIMBUN DI BAWAH TANAH... PERTANDA BISA JADI PEJABAT2 LAINNYA MELAKUKAN HAL YANG SAMA... WALLAHU A'LAM BHISAWAB, UANG RAKYAT RATUSAN BAHKAN RIBUAN TRILIUN DI GARONG SAMA REZIM JOKOWI*"
Benarkah klaim video dolar milik Rafael Alun ditimbun di bawah tanah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video dolar milik Rafael Alun ditimbun di bawah tanah, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex.
 
Penelusuran mengarah pada akun YouTube Arkelolog yang memuat video berjudul "We Found $10 Million With A Metal Detector ( Big Treasure Hunt )" , pada 18 Maret 2023. Sebagian video tersebut  identik dengan klaim video. Dalam video pun tidak hanya terlihat mata uang dolar tetapi juga terdapat mata uangan euro.
Video tersebut merupakan proses pencarian barang berharga yang ada di bawah tanah.Cek Fakta Liputan6.com pun telah menelusuri video yang identik dengan klaim dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Video Penemuan Brankas Hasil Korupsi Rafael Alun" .
Hasil penelusuran menyebutkan Kasus Rafael Alun sendiri mulai mencuat pada April lalu. Ia ditahan di KPK sejak 3 April 2023.
Ia sendiri diduga menerima USD90 ribu atau sekitar Rp1,3 miliar melalui perusahaan konsultan pajak miliknya.
 

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video dolar milik Rafael Alun ditimbun di bawah tanah tidak terbukti.Dalam video pun tidak hanya terlihat mata uang dolar tetapi juga terdapat mata uangan euro.
 
 

Rujukan