(GFD-2023-13039) [SALAH] Video “LANGKAH CERDIK PRABOWO!!! GABUNG KOALISI PERUBAHAN & NYATAKAN SIAP PERANG LAWAN ISTANA DEMI ANIES”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 06/07/2023

Berita

NARASI: “LANGKAH CERDIK PRABOWO!!! GABUNG KOALISI PERUBAHAN & NYATAKAN SIAP PERANG LAWAN ISTANA DEMI ANIES”

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan judul dan deskripsi. Selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya DIPELINTIR.

Salah satu sumber foto ASLI yang disunting dan digunakan untuk foto pratinjau, TEMPO.CO pada 5 Mar 2023: “Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di kediamannya di Hambalang, Bogor, pada Ahad, 5 Maret 2023. Dalam pertemuan itu, Prabowo menyatakan bahwa mereka sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing.

Artikel yang dibaca, TRIBUNMANADO.CO.ID pada 17 Jun 2023: “Perlahan tapi pasti Anies Baswedan mendapat dukungan dari banyak orang di DKI Jakarta. Tempat itu dulunya menjadi wilayah emerintahannya sewaktu menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Salah satu video yang merekam peristiwa yang sama dengan potongan video yang digunakan yang dibagikan oleh SUMBER dengan konteks yang benar, METRO TV di YouTube pada 5 Mar 2023: “#prabowo #suryapaloh #topreviewmetrotv MetroTV, Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto mengatakan bahwa ia dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing.

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “prabowo dan surya paloh sepakat hormati”

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “prabowo dan surya paloh sepakat hormati”.

Kesimpulan

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan judul dan deskripsi. FAKTA: selain berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya DIPELINTIR.

Rujukan