(GFD-2023-13038) [SALAH] Video “VIRAL ~ Anies kena azab akibat jadi tukang ngibul”

Sumber: Youtube.com
Tanggal publish: 05/07/2023

Berita

NARASI: “VIRAL ~ Anies kena azab akibat jadi tukang ngibul”

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: konten yang dibagikan menggunakan judul umpan klik (Clickbait). Video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Salah satu sumber gambar ASLI yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau, ZAWYA pada 22 Jul 2018: “Image used for illustrative purpose. Members of the Saudi police force showcase their skills during their graduation ceremony at Public Security Training City in Mecca March 3, 2012. Image used for illustrative purpose. Reuters Images/Hassan Ali” (deskripsi foto)

Artikel yang dibaca, FAJAR.CO.ID pada 26 Jun 2023: “Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengaku diundang Kerajaan Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Menanggapi hal itu, Loyalis Ganjar Pranowo, Jhon Sitorus menyindir Anies.

Salah satu sumber potongan video dengan konteks yang BENAR, NU Online di YouTube pada 1 Mar 1 2021: “#nahdlatululama #nuonline #harlahnu98 Pidato Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan dalam dalam Harlah Nahdlatul Ulama ke-98 di Masjid Istiqlal Jakarta, 16 Rajab 1442 H/ 27 Februari 2021 M.

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “anies baswedan harlah nu ke-98”

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “anies baswedan harlah nu ke-98”

Kesimpulan

MENYESATKAN, judul umpan klik (Clickbait). FAKTA: video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Rujukan