(GFD-2023-13032) [SALAH] RELAWAN ANIES TERUS BERGERAK DAN KIBARKAN BALIHO RAKSASA MESKI ANIES DI MEKKAH

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 10/07/2023

Berita

Tak pernah ternjadi di pilpres sebelumnya !! relawan Anies terus bergerak meski Anies di Mekkah….

RELAWAN TERUS BERGERAK
BALIHO RAKSASA DI KIBARKAN
SEMENTARA ANIES DI MEKKAH SEDANG BERIBADAH

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video dari channel youtube POLITIK NEGARA yang menampilkan thumbnail gambar kerumunan warga beserta baliho Anies Baswedan bertuliskan “Indonesia memanggil ANIES BASWEDAN SEBAGAI PRESIDEN RI 2024-2029” dengan narasi yang menyatakan bahwa relawan Anies terus bergerak dan kibarkan baliho raksasa meski Anies di Mekkah.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan dalam video. Video tersebut hanya berisi potongan-potongan dari beberapa peristiwa yang berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari detik.com berjudul “Relawan DOA Deklarasi Dukung Anies Baswedan Presiden 2024” yang diunggah pada 2 Juli 2023.

Thumbnail yang menampilkan kerumunan warga beserta baliho Anies Baswedan tersebut identik dengan gambar unggahan pada artikel okezone.com berjudul “Demo Ojek online, Para Driver Minta Jadi Karyawan” yang tayang pada 27 Maret 2018.

Dalam gambar aslinya tidak menampilkan baliho Anies, sehingga dapat dipastikan thumbnail tersebut adalah hasil suntingan.

Dengan demikian klaim narasi yang menyatakan bahwa relawan Anies terus bergerak dan kibarkan baliho raksasa meski Anies di Mekkah tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul dan isi video tidak berkaitan, thumbnail merupakan hasil suntingan dan dalam video tidak ditemukan informasi terkait relawan Anies yang kibarkan baliho raksasa meski Anies di Mekkah.

Rujukan