(GFD-2023-13030) [SALAH] Pamer Kecanggihan JIS, Presiden FIFA Akui Anies Sosok Pemimpin Masa Depan

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 10/07/2023

Berita

“PAMER KECANGGIHAN JIS !! PRESIDEN FIFA AKUI ANIES SOSOK PEMIMPIN MASA DEPAN RI || BERITA TERBARU”

Hasil Cek Fakta

Kanal Youtube TEROPONG ISTANA mengunggah video dengan klaim Presiden FIFA akui Anies Baswedan sebagai sosok pemimpin masa depan usai menyaksikan kecanggihan Jakarta International Stadium (JIS).

Namun, tidak ada tidak ada tayangan Anies Baswedan pamerkan kecanggihan JIS. Dalam video juga tidak ada tayangan Presiden FIFA akui Anies sosok pemimpin masa depan Indonesia.

Selain itu, narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Media Indonesia dengan judul “PSSI Akan Usulkan JIS Jadi Salah Satu Stadion Piala Dunia U-17 2023.”

Dalam arikel yang diunggah pada 4 Juli 2023 tersebut menjelaskan tentang Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan mengusulkan JIS ke FIFA menjadi salah satu stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Sejumlah catatan evaluasi stadion mulai dari akses, kualitas rumput, hingga transportasi penunjang akan direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemprov DKI Jakarta, PT KAI serta Jasa Marga.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi yang menjelaskan Anies Baswedan pamerkan kecanggihan JIS dan Presiden FIFA akui Anies sebagai sosok pemimpin masa depan. Narasi dalam video menjelaskan Erick Thohir akan usulkan JIS sebagai salah satu stadion untuk Piala Dunia U-17 2023.

Rujukan