(GFD-2023-13001) Cek Fakta: Tidak Benar Laga Ujicoba Timnas Indonesia Vs Portugal pada 16 Juli 2023

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 03/07/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang menyebut Timnas Indonesia akan berujicoba melawan Portugal pada 16 Juli 2023. Postingan itu sejak pekan lalu.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 30 Juni 2023.
Dalam postingannya terdapat video dengan narasi:
"Jangan lewatkan Minggu 16 Juli Indonesia vs Portugal. Ronaldo sudah dipastikan hadir mana suaranya fan Ronaldo?"
Lalu benarkah postingan yang menyebut Timnas Indonesia akan berujicoba melawan Portugal pada 16 Juli 2023?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan artikel dari Bola.com berjudul "PSSI Buka Kemungkinan Timnas Indonesia Beruji Coba dengan Portugal: Cristiano Ronaldo Jangan Kaya Lionel Messi, Ya!" yang tayang pada 28 Juni 2023.
Dalam artikel itu terdapat penjelasan dari Wakil Ketua PSSI, Zainudin Amali. Ia menyebut rencana ujicoba melawan Portugal masih dalam rencana.
"Ada yang bertanya, setelah melawan Argentina, ada rencana apa lagi. Saya bilang pasti karena buat Pak Erick Thohir, tujuan FIFA Matchday adalah untuk membuat mental anak-anak sebagai uji nyali," ujar Amali.
"Kemudian ditanya kira-kira siapa lawannya, dengan Portugal bisa, dengan Brasil dan Maroko juga. Bukan saya bilang pasti dengan Portugal. Apalagi sebut Cristiano Ronaldo, tidak ada saya ngomong seperti itu," ucap Amali menambahkan.
"Jadi kalau nanti partai Timnas Indonesia, tim melawan tim, bukan orang dengan orang. Mana yang akhirnya cocok, karena belum tentu juga mereka mau. Kalau tidak cocok tanggal, belum tentu juga," tuturnya.
"Jadi belum bisa kami pastikan. Tapi kalau ditanya bagaimana Pak Erick Thohir berkomunikasi dengan berbagai pihak, sekali lagi saya nyatakan tidak ada yang bilang sudah pasti. Kalau satu di antara dijajaki, ya," Amali menjelaskan.

Kesimpulan


Postingan yang menyebut Timnas Indonesia akan berujicoba melawan Portugal pada 16 Juli 2023 adalah tidak benar. Faktanya laga tersebut masih dalam tahap rencana.

Rujukan