(GFD-2023-12997) [SALAH] Johnny G. Plate Jatuh Sakit Hingga Nyawanya Terenggut

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 22/06/2023

Berita

Channel YouTube Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 2 Juni 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa mantan Kemkominfo yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus BTS 4G Kominfo, Johnny G. Plate, menderita sakit parah di dalam sel tahanan hingga nyawanya terenggut.

Hasil Cek Fakta

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik republika.id yang telah diunggah pada 1 Juni 2023 dengan judul “Johnny Plate Dikabarkan Sakit di dalam Tahanan dan Dijenguk Surya Paloh”.

Pada artikel asli tersebut, dikabarkan bahwa Johnny G. Plate sedang dalam kondisi sakit. Eks Menkominfo yang ditahan di Rutan Kejari Jakarta Selatan itu disebut mengalami gangguan asam lambung. Lebih lanjut, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) menyebut bahwa sakit yang diderita Plate itu tidak parah dan kondisinya telah ditangani oleh dokter.

Selain itu, dikabarkan pula bahwa Plate mendapat kunjungan dari Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di Rutan Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu, 31 Mei 2023. Direktur Penyidikan Jampidsus pun memastikan bahwa kunjungan tersebut tidak akan mengganggu jalannya penyidikan yang masih berlangsung oleh tim penyidik Jampidsus Kejagung.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Kabar News merupakan konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Unggahan video yang mengklaim bahwa Johnny G. Plate jatuh sakit di sel tahanan hingga nyawanya terenggut merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik republika.id berjudul “Johnny Plate Dikabarkan Sakit di dalam Tahanan dan Dijenguk Surya Paloh”.

Rujukan