(GFD-2023-12964) [SALAH] Video “NASDEM AKHIRNYA MENYERAH LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIES DARI PADA TENGGELAM”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 25/06/2023

Berita

NARASI: * “NASDEM AKHIRNYA MENYERAH
DIAM-DIAM PALOH TEMUI MEGA !!
LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIES DARI PADA NASDEM TENGGELAM” (di gambar pratinjau).

* “DIAM-DIAM SURYA PALOH TEMUI MEGA,TAK MAU NASDEM TENGGELAM PALOH LEBIH BAIK KEHILANGAN ANIS..” (di post).

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: judul umpan klik. Selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Salah satu foto dengan konteks yang BENAR yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau oleh SUMBER, KOMPAS.com pada 3 Mei 2018: “Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengatakan, dalam pertemuan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri ada kemungkinan pembahasan cawapres pendamping Presiden Joko Widodo. …”

Artikel yang dibaca di video, WE NewsWorthy pada 14 Jun 2023: “Pegiat media sosial Jhon Sitorus mengklaim NasDem lebih baik kehilang bakal calon presidennya, Anies Baswedan saat membahas sinyal pertemuan Surya Paloh dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.”

Salah satu video yang merekam peristiwa yang sama dengan potongan video yang digunakan oleh SUMBER dengan konteks yang BENAR, KOMPASTV di YouTube pada 22 Feb 2023: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, hari ini (22/2) bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat di Menteng, Jakarta Pusat. …”

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci “mega jokowi istana batu tulis 2018”

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci “surya paloh temui ahy”

Kesimpulan

MENYESATKAN, judul umpan klik. FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Rujukan