(GFD-2023-12939) [SALAH] “BAWASLU DISKUALIFIKASI GANJAR PRANOWO DARI BURSA CAPRES”

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 27/06/2023

Berita

Ganj4r Di D!sku4lifikas!, 20 Jam ,,Dip3rik5a Baw4slu Ganj4r Dinay4takan B3rsal4h

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Terminal hati” mengunggah video dengan narasi bahwa Bawaslu coret Ganjar dari bursa capres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Gambar thumbnail sangat identik dengan artikel milik bawaslu.go.id yang diunggah pada tanggal 17 April 2019 dengan judul artikel “Potret Kerja Bawaslu di Hari H Pemilu dan Laporan Bernama Siwaslu”.

Salah satu cuplikan video identik bisa dilihat dari kanal Youtube milik METRO TV dengan judul “Ganjar Pranowo Penuhi Panggilan Bawaslu” yang diunggah pada tahun 2019.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Bawaslu coret Ganjar Pranowo dari bursa capres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Bawaslu coret Ganjar Pranowo dari bursa capres.

Rujukan