(GFD-2023-12936) [SALAH] “JUSUF HAMKA SUMBANG 100 TRILIUN UNTUK MODAL KAMPANYE ANIES BASWEDAN”

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 27/06/2023

Berita

Sec4ra Cum42:exclamation:B05 Jal4n T0l Ju5uf H4mka Sumb4ng 100 Triliun Untuk M0dal K4mpany3 4nies Ba5wed4n :bangbang:

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Perspektif” mengunggah video dengan narasi bahwa Jusuf Hamka sumbang 100 triliun untuk modal kampanye Anies Baswedan.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Pada awal video kita diperlihatkan sosok Saeful Zaman yang mana video tersebut identik dengan video unggahan kanal Youtube dengan nama pengguna Saeful Zaman dengan judul video “TERNYATA JUSUF HAMKA SEBENARNYA ADALAH… | PUNYA 100 TRILYUN & TOLAK CAWE-CAWE JEGAL ANIES !!”.

Video identik lainnya memperlihatkan Jusuf Hamka dengan Mahfud MD di kanal Youtube milik KOMPASTV dengan judul “[FULL] Penjelasan Jusuf Hamka dan Mahfud MD soal Polemik Utang Negara”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Jusuf Hamka sumbang 100 triliun untuk modal kampanye Anies Baswedan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jusuf Hamka sumbang 100 triliun untuk modal kampanye Anies Baswedan.

Rujukan