(GFD-2023-12933) [SALAH] Pertandingan Timnas Sepakbola Indonesia vs Portugal 28 Juli 2023

Sumber: TIKTOK
Tanggal publish: 27/06/2023

Berita

“Semoga tidak HOAX..
#cr7 #cristianoronaldo #timnasindonesia #fyp #viral #portugal”

Hasil Cek Fakta

Akun TikTok md_store.id mengunggah video dengan klaim Timnas Indonesia akan bertanding dengan Timnas Portugal. Pertandingan ini disebut sebagai salah satu agenda FIFA Matchday yang akan dilaksanakan pada 28 Juli 2023 di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan setidaknya setahun sekali, Timnas Indonesia akan menjajal tim kuat dunia. Setelah Timnas Argentina, PSSI mendekati sejumlah federasi. Menurut Erick Thohir, pendekatan yang dilakukan PSSI disambut baik federasi sepakbola Brasil, Portugal, Rusia dan Maroko.

Namun hingga kini masih belum ada kepastian kapan laga itu dilangsungkan, termasuk pertandingan antara Timnas Indonesia dan Portugal seperti yang tertera pada klaim video yang beredar.

Melansir Okezone, jadwal padat antara Timnas Indonesia dan Portugal memaksa mereka takkan bisa bertemu, setidaknya hingga akhir 2024.

Proses untuk mendatangkan Portugal tentunya tak bisa dilakukan lagi pada tahun ini karena jadwal pertandingan pasca-FIFA Matchday Juni ini begitu padat, dilansir Tribunnews.

Jika menilik jadwal, pertandingan yang ditetapkan oleh kalender FIFA ada pada bulan Maret, Mei atau Juni, Agustus atau September, Oktober, dan November. Sementara itu, pada Oktober mendatang Indonesia akan bertanding di putaran pertama babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada putaran pertama nanti, Timnas Indonesia harus bertanding sebanyak dua kali, kandang dan tandang. Kemudian, jika lolos ke putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2026, jadwal padat akan dilalui oleh tim Garuda. Babak kedua kualifikasi dijadwalkan pada November 2023, kemudian Maret dan Juni 2024.

Lalu pada Januari 2024, tim asuhan Shin Tae-yong akan bertarung di gelaran Piala Asia 2023 di Qatar. Sehingga, pertandingan melawan negara top dunia baru bisa dilakukan pada tahun depan dan jadwalnya pun masih belum pasti.

Hal ini juga sudah dikonfirmasi oleh anggota exco PSSI, Arya Sinulingga.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Hingga saat ini belum ada kepastian kapan pertandingan antara Timnas Indonesia dan Portugal akan berlangsung. Kedua tim baru bisa bertanding pada tahun depan dan jadwalnya pun masih belum pasti.

Rujukan