(GFD-2023-12906) [SALAH] Baliho Anies Baswedan Terpajang di Masjidil Haram

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 26/06/2023

Berita

“Jadi pusat perhatian ! Baliho Anies terpajang di Masjidilharom, Ternyata akan menunaikan ibadah haji”

Hasil Cek Fakta

Kanal Youtube LINTAS OPINI mengunggah video dengan klaim baliho Anies Baswedan terpajang di Masjidil Haram. Hal ini disebut menjadi pusat perhatian para jamaah haji.

Sebelumnya diberitakan oleh Okezone, Anies Baswedan dan keluarga berangkat ke Arab Saudi pada 24 Juni 2023 untuk menunaikan ibadah haji.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi yang menerangkan bahwa terdapat baliho bergambar Anies Baswedan di Masjidil Haram pada saat ibadah haji berlangsung. Cuplikan video tersebut tidak memiliki keterkaitan dengan klaim yang disampaikan dalam video.

Selain itu, narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh Kompas, dengan judul “Senang Bisa Foto Bareng Anies Baswedan, Rega: Sudah Lama Saya Pengin Foto sama Pak Anies.”

Artikel yang diunggah pada 13 Juni 2023 tersebut menjelaskan tentang Rega, bocah 13 tahun asal Solo, Jawa Tengah, mengaku senang bisa foto bersama bakal capres dari Partai Nasdem, Anies Baswedan. Adapun kunjungan Anies ke Solo untuk menjadi penguji ujian doktoral Muhammad Fauzi, penyandang disabilitas tuli di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Jawa Tengah.

Kesimpulan

Tidak ada informasi tentang adanya baliho Anies Baswedan yang terpajang di Masjidil Haram. Narasi dalam video menjelaskan tentang Rega, bocah asal Solo, yang mengaku senang bisa berfoto bersama Anies.

Rujukan