(GFD-2023-12895) [SALAH] Johnny G Plate ditembak saat hendak kabur dari penjara.

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 21/06/2023

Berita

“GEMPAR MALAM INI || KABAR DUKA PLATE, NEKAT KABUR SAAT DI PENJARA APARAT LANGSUNG SIKAPI TEGAS”

Hasil Cek Fakta

11 Juni 2023 lalu ada sebuah unggahan di Youtube yang memberikan sebuah klaim di judul unggahan “KABAR DUKA PLATE, NEKAT KABUR SAAT DI PENJARA APARAT LANGSUNG SIKAPI TEGAS”.

Dalam thumbnail disebutkan bahwa Johnny G Plate mencoba melarikan diri dari penjara namun upaya kaburnya gagal total. Tampak potret Johnny G Plate bersimbah darah di tanah dan dikelilingi oleh aparat keamanan yang membawa senjata api.

Klaim pada judul dan thumbnail tersebut adalah salah, Mantan Sekjen Partai NasDem itu saat ini memang sudah ditahan oleh Kejaksaan Agung. Tetapi, Johnny G Plate belum masuk dalam persidangan atau belum diadili.

Sepanjang isi video hanya menampilkan video dari Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana yang sedang melakukan sesi press conference mengenai update dari kasus korupsi Johnny G Plate. Disimpulkan bahwa klaim unggahan video yang mengklaim bahwa Johnny G Plate ditembak oleh petugas lantaran kabur dari penjara adalah klaim yang salah.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Johnny G Plate ditembak oleh petugas karena kabur dari penjara, isi video hanya menampilkan video dari Kejagung Ketut Sumedana yang memberikan update kasus korupsi Plate.

Rujukan