(GFD-2023-12890) [SALAH] JAWAB TANTANGAN DARI PDIP, NASDEM DAN PKS DEKLARASI ANIES-JUSUF KALLA

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 23/06/2023

Berita

DEKLARASI ANIES-JUSUF KALLA NASDEM DAN PKS JAWAB T4NT4NG4N PDIP..

BERITA TERBARU
JAWAB TANTAGAN DARI PDIP
DEKLARASI ANIES-JUSUF KALA

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah video dari halaman facebook bernama Juice Mango dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa NasDem dan PKS jawab tantangan dari PDIP dengan mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut tidak ditemukan pemberitaan terkait Anies dan Jusuf Kalla yang dideklarasikan oleh NasDem dan PKS sebagai pasangan capres dan cawapres.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kompas.tv berjudul “Nasdem Sebut Jusuf Kalla Sarankan Anies Pilih Cawapres dari Tokoh NU Jateng atau Jatim” yang diunggah pada 28 Maret 2023.

Thumbnail yang menampilkan Anies Baswedan bersama Jusuf Kalla dan Surya Paloh tersebut identik dengan foto unggahan liputan6.com berjudul “Momen Anies Baswedan Berpidato di Depan Pendukung dan Partai Politik Koalisi Perubahan” yang diunggah pada 7 Mei 2023.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan Anies Baswedan sampaikan dalam pidato politiknya saat menghadiri acara relawan Amanat Indonesia (ANIES) di Tenis Indoor, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 7 Mei 2023.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Jusuf Kalla dan Surya Paloh. Sehingga dapat dipastikan gambar thumbnail tersebut adalah hasil manipulasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa NasDem dan PKS jawab tantangan dari PDIP dengan mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla tidak terbukti dan termasuk ke dala konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi terkait dideklarasikannya Anies dan Jusuf Kalla sebagai pasangan capres dan cawapres oleh NasDem dan PKS.

Rujukan