(GFD-2023-12857) [SALAH] Anies Tolak Kedatangan Argentina Ke Indonesia, Erick Thohir Permalukan

Sumber: Youtube
Tanggal publish: 19/06/2023

Berita

Akun Youtube KABAR NUSANTARA mengunggah video dengan judul: “VIRAL!! Anies Tolak Kedatangan Argentina Ke Indonesia, Erik Tohir Permalukan” pada tanggal 4 Juni 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail dengan gambar Anies Baswedan dan Erick Thohir yang sedang berada di acara Mata Najwa dengan narasi yang bertuliskan “ANIES DI PERMALUKAN DI ACARA TV TOLAK KEDATANGAN ARGENTINA, BERUJUNG MALA PETAKA”.

Hasil Cek Fakta

Video pertama yang dicuplik adalah video sambutan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo pada acara perayaan Timnas Indonesia yang berhasil meraih medali emas SEA Games 2023 yang disiarkan secara langsung di akun Youtube CNN Indonesia.

Video kedua yang dicuplik adalah Konferensi Pers yang disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dengan judul “Kepastian Timnas Argentina ke Indonesia serta Naturalisasi Rafael dan Ivar” yang diliput secara langsung di akun Youtube resmi PSSI TV pada tanggal 24 Mei 2023.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar yang menunjukkan Erick Thohir dan Anies Baswedan dalam acara Mata Najwa adalah hasil editan dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid mengenai Anies Baswedan yang menolak kedatangan Timnas Argentina serta Erick Thohir yang mempermalukan Anies di acara TV seperti yang dinarasikan dalam video.

Kesimpulan

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid mengenai Anies Baswedan yang menolak kedatangan Timnas Argentina serta Erick Thohir yang mempermalukan Anies di acara TV seperti yang dinarasikan dalam video.

Rujukan