(GFD-2023-12850) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Rumah TikToker Richard Theodore Digruduk Warga NTT

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 17/06/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim rumah TikToker Richard Theodore di Tangerang digruduk warga Nusa Tenggara Timur (NTT) beredar di media sosial. Video ini viral usai aksi Richard membuat konten tes kejujuran di NTT beberapa waktu lalu.
Video tersebut disebarkan salah satu akun Instagram pada 17 Juni 2023 lalu. Dalam video tersebut, terlihat puluhan orang mendatangi sebuah tempat. Mereka terlihat berkumpul di depan sebuah gerbang bangunan.
Dalam video itu tertulis narasi sebagai berikut.
"Ingat Richard Theodore kami ada dimana2 seluruh Se-jabodetabek kami ada disitu, jangan kau mau coba2 org tua kami dengan kejujuran, karena kami di lahirkan sudah di didik apa artinya kejujuran"
Dalam video itu juga terdapat tulisan yang menyebutkan lokasi dan kapan video itu diambil, yakni Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan, 2023 04 05 23.42.
Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa rumah Richard Theodore di Tangerang digruduk warga NTT.
"Rumah Richard Theodore di geruduk warga NTT di Tangerang, buntut kasus dari konten yang menyebut pemilik warung orang NTT tidak jujur.‼️" tulis salah satu akun Instagram.
Konten yang disebarkan akun Instagram tersebut telah 685 kali disukai dan mendapat beberapa komentar dari warganet.
Benarkah dalam video itu rumah Richard Theodore di Tangerang digruduk warga NTT? Berikut penelusurannya.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim rumah TikToker Richard Theodore di Tangerang digruduk warga NTT. Penelusuran dilakukan dengan memasukan kata kunci "warga geruduk serpong kota tangerang selatan 5 april 2023" di kolom pencarian situs YouTube.
Kata kunci "warga geruduk serpong kota tangerang selatan 5 april 2023" dimasukan ke dalam kolom pencarian, sebab kata kunci tersebut tertulis sebagai lokasi dalam video yang diklaim rumah TikToker Richard Theodore di Tangerang digruduk warga NTT.
Hasilnya terdapat video identik dengan klaim rumah Richard Theodore digruduk warga NTT. Satu di antaranya video berjudul "Debt Collector Babak Belur Dianiaya Kelompok Debitur di Tangerang Selatan" yang dimuat channel YouTube Official iNews pada 6 April 2023.
Berikut gambar tangkapan layarnya.
"Ratusan debt collector meng-gruduk Mapolres Tangerang Selatan, Banten. Mereka menuntut pihak kepolisian untuk segera menangkap pelaku penganiayaan terhadap seorang debt collector saat melakukan penagihan di wilayah Serpong, Banten," demikian narasi dalam video tersebut.
 

Kesimpulan


Video yang diklaim rumah TikToker Richard Theodore di Tangerang digruduk warga NTT ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan aksi ratusan debt collector yang mendatangi Polres Tangerang Selatan pada 5 April 2023 lalu. Mereka menuntut polisi menyelidiki dan menangkap pelaku pemukulan terhadap seorang debt collector saat melakukan penagihan di wilayah Serpong, Banten.

Rujukan