(GFD-2023-12841) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan Menuju RI 1

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 15/06/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 8 Juni 2023.
Unggahan klaim Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 menampilkan sejumlah orang mengenakan pakaian batik, dalam video tersebut terlihat Anies Baswedan dan Jusuf Hamka dengan berlatarbelakang banguan bergaya oriental.
Dalam video tersebut terdapat tulisan "SELAMAT DATANG
KAWASAN GLODOK
CHINATOWN JAKARTA"
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Babah Alun (KH. Yusuf Hamka)
Dari seorang tukang semir sepatu dimuliakan Alloh karena kedermawanannya.Raja Tol, Pewaris Kemuliaan Syaidina Utsman bin Affan...
Innshaa Allah setia membersamai pak Anies Baswedan menuju RI 1 2024.
#2024AniesPresiden"
Benarkah klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.
 
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Yandex. 
 
Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya diunggah oleh akun Twitter resmi Liputan6.com @liputan6dotcom, unggahan tersebut berupa artikel berjudul "Resmikan Gapura Chinatown di Glodok Jakbar, Anies Diarak Barongsai" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 30 Juni 2022.
 Dalam artikel tersebut terdapat foto yang komposisinya identik dengan klaim video, di antaranya adalah baju batik yang dikenakan Anies dan Jusuf Hamka, orang-orang yang hadir dalam peristiwa tersebut dan suasananya.
 
Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura China Town Jakarta Kamis, (30/6/2022). (Liputan6.com/Winda Nelfira)".
 
Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 
 

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Jusuf Hamka bersama Anies Baswedan menuju RI 1 tidak benar.
Peristiwa dakam video tersebut adalah peresmian Gapura China Town Jakarta yang dilakukan Anies Baswedan saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, pada 30 Juni 2022.
 

Rujukan