(GFD-2023-12827) Cek Fakta: Tidak Benar Video Lionel Messi Kaget Ada Jordi Amat di Timnas Indonesia

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 14/06/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim Lionel Messi kaget dengan adanya Jordi Amat di Timnas Indonesia. Postingan ini beredar sejak awal pekan lalu.
Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 10 Juni 2023.
Dalam postingannya terdapat video berjudul "PUBLIK BANGGA! Tak Disangka Messi Ngaku Kaget Dan Bicara Begini Ada Jordi Amat Di Timnas Indonesia"
Sementara dalam video terdapat narasi yang menyebutkan Messi membuat komentar:
"Saya mengenal Jordi sudah lama saat dia bermain di Espanyol dan saya di Barcelona. Saya baru tahu dia pemain Indonesia, dia juga pemain yang bagus kuat dalam bertahan," kata Lionel Messi dikutip Sumar TV dari Marca."
Lalu benarkah postingan video yang mengklaim Lionel Messi kaget dengan adanya Jordi Amat di Timnas Indonesia?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan melihat keseluruhan video berdurasi 1 menit 57 detik itu. Faktanya video tersebut merupakan gabungan dari beberapa foto dan video dengan mengambil dari berbagai sumber.
Diantaranya terkait komentar Jordi Amat terhadap Lionel Messi. Komentar tersebut diambil dari laman resmi PSSI dalam artikel berjudul "Jordi vs Messi Jadi Sorotan" yang diunggah 3 Juni 2023.
Sementara terkait komentar Messi, Cek Fakta Liputan6.com tidak menemukan informasi valid dia berbicara soal Jordi Amat. Pencarian di laman Marca.com yang disebut dalam postingan juga tidak ditemukan.
Selain itu potongan video yang diberikan terjemahan Messi kaget ada Jordi Amat di Timnas Indonesia juga tidak benar. Pasalnya video asli sudah ada sejak 7 Maret 2023 yang diunggah di akun Youtube resmi PSG berjudul "THE EXCLUSIVE INTERVIEW WITH LEO MESSI!".
Dalam video tersebut Messi sama sekali tidak berbicara terkait Timnas Indonesia, apalagi Jordi Amat.

Kesimpulan


Postingan video yang mengklaim Lionel Messi kaget dengan adanya Jordi Amat di Timnas Indonesia adalah tidak benar. Faktanya video asli sudah diunggah sejak Maret lalu dan sama sekali tidak membicarakan Timnas Indonesia maupun Jordi Amat.

Rujukan