(GFD-2023-12824) [SALAH] Video “DI SURUH PAK ANIES PEGHINA ISTRI GIBRAN AKUI BEGINI”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 06/06/2023

Berita

NARASI: * “BREAKING NEWS.!! SAYA DI SURUH PAK ANIES PAK
GEMPAR.. 3 JAM DI INTROGASI, PEGHINA ISTRI GIBRAN AKUI BEGINI” (di gambar pratinjau).

* “GIBRAN MURKA Ternyata Segini Bayaran Sekali Memfitnah Menantu Presiden..” (di post).

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: menunggangi isu yang sedang tren (trending). Selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan dengan Anies Baswedan.

Salah satu sumber foto ASLI yang DISUNTING dan digunakan untuk gambar pratinjau oleh SUMBER, ANTARA FOTO pada 10 Feb 2020: “Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2/2020). Gibran datang untuk menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebelum maju menjadi calon Wali kota pada Pilkada Solo 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.”

Salah satu sumber artikel yang dibaca, ANTARA pada 30 Mei 2023: “Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi akun media sosial penghina istrinya Selvi Ananda ke pihak kepolisian. “Aku santai, ra melu-melu (ngak ikut-ikutan, red),” katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa. Terkait dengan langkah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surakarta yang melaporkan pemilik akun Twitter Klasik Pianda (@p40812) ke Polresta Surakarta, ia menyerahkan kepada pihak kepolisian.

Salah satu sumber video yang identik dengan potongan yang digunakan oleh SUMBER dengan konteks yang BENAR, KOMPASTV di YouTube pada 13 Aug 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjawab kritik netizen soal sikapnya yang telah melepas masker Paspampres Hari Misbah.

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “gibran lepas masker paspampres”.

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “gibran lepas masker paspampres”.

Kesimpulan

MENYESATKAN, menunggangi isu yang sedang tren (trending). FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan dengan Anies Baswedan.

Rujukan