(GFD-2023-12818) [SALAH] “ANIES BASWEDAN DEKLARASI CAWAPRES TAPI BUKAN AHY”

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 12/06/2023

Berita

Bukan A-hy – Dek1arasi C4wapres An1es Meng3jutkan

Hasil Cek Fakta

Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Golliat” mengunggah video dengan narasi bahwa Anies Baswedan sudah deklarasi cawapres pendampingnya dipilpres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Salah satu video identik bisa dilihat dari akun Youtube milik Liputan6 dengan judul “Hasil Musyawarah Majelis Syuro ke-8, PKS Resmi Usung Anies Baswedan Bakal Capres 2024”.

Video identik lainnya memperlihatkan sosok Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti dalam acara yang di pandu Hotman Paris yang diunggah oleh akun Youtube miliki METRO TV dengan judul “Ketum Partai Maju Capres, Pilihan Romantis atau Realistis?”.

Saat ini Anies Baswedan belum mengumumkan siapa yang akan mendampingi dia saat maju di Pilpres 2024 nanti.

Dengan demikian, klaim Anies Baswedan sudah deklaarasi cawapres pendampingnya dipilpres 2024 adalah salah dan masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya judul, isi video dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Anies Baswedan sudah deklarasi cawapres pendampingnya dipilpres 2024.

Rujukan