(GFD-2023-12751) Cek Fakta: Hoaks Foto Anies Baswedan Membaca Buku Berjudul "Rahasia Menyimpan Pohon Mahoni"

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 01/06/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang membaca buku berjudul "Rahasia Menyimpan Pohon Mahoni". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.
Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 17 Mei 2023.
Dalam postingannya terdapat foto Anies Baswedan sedang memegang buku "Rahasia Menyimpan Pohon Mahoni". Postingan tersebut disertai narasi:
"Tiga Misteri di Dunia yang sampai saat ini belum terpecahkan..
1.UFO
2.Segitia Bermuda
3. Pohon Mahoni monas"
Lalu benarkah postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang membaca buku berjudul "Rahasia Menyimpan Pohon Mahoni"?

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan foto yang identik dengan postingan. Foto itu diunggah Anies Baswedan dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan yang sudah bercentang biru atau terverifikasi.
Namun dalam foto asli, buku yang dibaca berjudul "How Democracies Die". Postingan itu disertai narasi "Selamat pagi semua. Selamat menikmati Minggu pagi."
Berikut postingan asli foto tersebut:

Kesimpulan


Postingan foto yang mengklaim Anies Baswedan sedang membaca buku berjudul "Rahasia Menyimpan Pohon Mahoni" adalah tidak benar. Faktanya foto dalam postingan tersebut telah disunting.

Rujukan