(GFD-2023-12718) [SALAH] Diet Gula, Mengonsumsi Minyak Kelapa, dan Minum Air Lemon Panas Akan Melawan Sel Kanker

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 30/05/2023

Berita

“Dokter Gupta berkata: Tidak seorang pun boleh mati karena kanker;

(1). Langkah pertama adalah menghentikan konsumsi semua gula, ketika tidak ada gula dalam tubuh, sel kanker akan mati secara alami.

(2). Langkah kedua, segelas jus lemon dicampur dengan segelas air panas dan sel kanker akan berkurang setelah kurang lebih 1 bulan, minum jus lemon panas dapat mencegah kanker. Jangan tambahkan gula. Jus lemon panas lebih bermanfaat daripada jus lemon dingin. Hasil penelitian yang dilakukan di University of Maryland, obat alami 1000 kali lebih baik dari bahan kimia.

(3). Langkah ketiga untuk mengurangi resiko kanker jika digunakan 3 sendok makan minyak kelapa organik pada pagi dan malam hari.”

Hasil Cek Fakta

Postingan di Facebook membagikan informasi terkait cara untuk mematikan sel kanker dalam tubuh dengan diet gula serta mengonsumsi minyak kelapa dan mengonsumsi air lemon panas.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya tidak ada bukti yang kredibel bahwa cara tersebut dapat mematikan sel kanker dalam tubuh. Dilansir dari Cancer Research UK, mematikan sel kanker tidak sesederhana dengan diet gula, justru dapat berakibat fatal karena semua sel sehat dalam tubuh manusia juga membutuhkan glukosa.

Selain itu, dilansir dari AFP Cancer Council Australia juga mengatakan bahwa tidak ada bukti adanya hubungan antara konsumsi gula dan meningkatnya risiko kanker jenis apa pun, sebab gula bukan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Kemudian ahli onkologi klinis Dr. AJ Hilmy menyebut bahwa air lemon panas dapat melawan kanker adalah tidak benar.

Dengan demikian, diet gula, mengonsumsi minyak kelapa, dan minum air lemon panas akan mematikan sel kanker adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya pakar kanker menyebut tidak ada bukti dengan mengurangi konsumsi gula, mengonsumsi minyak kelapa dan minum air lemon panas dapat mencegah kanker, klaim tersebut keliru dan dapat berakibat fatal. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

Rujukan