(GFD-2023-12692) [SALAH] Ma’ruf Puji Ganjar Mirip Kekhalifahan Utsaman Bin Affan Blusukan Rajin Sholat

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 29/05/2023

Berita

Ma’ruf Puji Ganjar Mirip kekhalifahan Ustman bin Affan blusukan bagi sembako rajin sholat

Hasil Cek Fakta

Beredar sebuah tangkapan layar sebuah artikel dengan judul “Ma’ruf Puji Ganjar Mirip kekhalifahan Ustman bin Affan blusukan bagi sembako rajin sholat.” Tangkapan layar itu dibagikan di laman Facebook beberapa waktu lalu. Terdapat foto Ma’ruf Amin dan Ganjar pada sebuah pertemuan.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata judul artikel itu tidak sesuai fakta. Pengunggah memanipulasi artikel asli dari wartaekonomi.co.id dengan judul “Di Hadapan Wapres Ganjar Pranowo Beberkan Ada Temuan Khusus.” Artikel diatas memiliki kesamaan pada bagian foto unggulan suatu artikel.

Dalam artikel di laman Warta Ekonomi, tidak ditemukan informasi bahwa Ma’ruf Amin memuji Ganjar mirip dengan Utsman bin Affan. Artikel tersebut hanya membahas mengenai Ganjar yang mendampingi Ma’ruf Amin meninjau Mal Pelayanan Publik Kota Semarang, di Lantai 2 Terminal Mangkang, pada April 2023.

Kesimpulan

Sebuah tangkapan layar artikel dengan narasi Ma’ruf Amin puji Ganjar Pranowo tersebut tidak benar. Faktanya, tangkapan layar tersebut sengaja dimanipulasi menggunakan artikel dengan judul yang berbeda.

Rujukan