(GFD-2023-12678) [SALAH] Pemain AC Milan Keturunan Jawa Bela Timnas

Sumber: YOUTUBE
Tanggal publish: 28/05/2023

Berita

“WOW TINGGINYA 206 METER!! PEMAIN KETURUNAN FIKS BELA TIMNAS – PSSI BERI KTP GRATIS”

Hasil Cek Fakta

Sebuah video unggahan akun Youtube bernama “Kreator Bola” pada 23 Mei 2023 lalu mengunggah video dengan klaim yang menyebutkan bahwa ada pemain tim liga Italia yang memiliki darah Indonesia dan diklaim bahwa ia akan membela Timnas Indonesia.

Pada thumbnail video diperlihatkan foto pemain bola tim asal Italia, AC Milan, Ismael Bennacer yang diklaim memiliki ibu dari Jawa. Faktanya pesepakbola dengan tinggi 175cm tersebut merupakan pesepakbola berdarah campuran Prancis dan Aljazair yang saat ini membela timnas Aljazair dan tidak memiliki koneksi dengan Indonesia.

Selebihnya isi video hanya mengulas mengenai Rafael Struick dan Ivar Jenner yang sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu si narator juga membahas mengenai pemain tim liga Inggris, Leeds United, bernama Pascal Struijk.

Jadi klaim pada thumbnail video bahwa Bennacer merupakan pesepakbola yang memiliki darah keturunan Jawa adalah klaim yang tidak benar, isi pembahasan video pun tidak membahas mengenai pesepakbola AC Milan ini.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Foto pada thumbnail tersebut merupakan informasi yang tidak benar dan isi video pun juga tidak memuat penjelasan yang dapat membenarkan klaim pada judul thumbnail.

Rujukan