(GFD-2023-12653) [SALAH] Video Pria Buang Air Besar di dalam Metro di Turki

Sumber: Twitter
Tanggal publish: 19/05/2023

Berita

(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

#Breakingnews
Video viral dari Turki
Tidak ada tempat yang aman bagi mereka.
Bagi mereka yang memberikan pengetahuan tentang Al-Qur’an
Terima kasih Tuhan bahwa belum ada video serupa di metro di Delhi”.

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter @Prajakta_Singh2 mengunggah video yang memperlihatkan seorang pria membawa toilet portable ke dalam metro, yang kemudian digunakan untuk buang air besar di dalam metro. Pengguna Twitter tersebut juga menulis klaim bahwa video tersebut direkam di metro Turki. Cuitan dan video yang diunggah pada 1 Mei tersebut telah disukai hampir 300 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 100 orang, serta telah dilihat 131,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan konten yang menyesatkan. Dilansir dari artikel India Today, peristiwa tersebut terjadi di dalam metro di kota New York pada 2019.

Kejadian serupa juga pernah dibahas di laman World of Buzz, yang juga mengunggah video yang sama persis. Menurut artikel World of Buzz, pria tersebut adalah seorang artis YouTube bernama Zeeshan Ali yang sering membuat lelucon serupa untuk konten videonya. Artikel tersebut ditulis pada 9 Mei 2019.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @Prajakta_Singh2 merupakan konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut merupakan lelucon yang dibuat konten kreator Zeeshan Ali di metro New York City, bukan Turki.

Rujukan