(GFD-2023-12623) [SALAH] Video “DI TAHAN 20 HARI KE DEPAN ? NASIB ANIES BERAKHIR TR4GIS DITANGAN SRI MULYANI”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 19/05/2023

Berita

NARASI: * “BREAKING NEWS DI TAHAN 20 HARI KE DEPAN ? NASIB ANIES BERAKHIR TR4GIS DITANGAN SRI MULYANI” (di gambar pratinjau/thumbnail).

* “Di T4han 20 Hari Ke Dep4n – Nasib Y0han1es Berakhir Tr4gis Di Tangan Sr1 Mu1yani” (di post)

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI, FAKTA: BUKAN tentang penahanan Anies Baswedan. Selain video menggunakan foto pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan.

Salah satu sumber foto ASLI yang disunting dan digunakan untuk foto pratinjau, Liputan6.com pada 6 Okt 2021: “Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin digiring petugas jelang penetapan tersangka dan penahanan di Gedung KPK Jakarta, Sabtu (25/9/2021). Politisi Partai Golkar ini ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan KPK terkait kasus penanganan perkara di Pemkab Lampung Tengah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)” (deskripsi foto)

Salah satu sumber video yang potongannya digunakan, KOMPASTV di YouTube pada 29 Jan 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi tindakan Khaerun sang Sopir Transjakarta yang telah menyelamatkan wanita hendak bunuh diri.

Salah satu sumber video lainnya yang potongannya digunakan, BeritaSatu di YouTube pada 28 Sep 2016: “Presiden Joko Widodo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani menginspeksi mendadak Kantor Pelayanan Pajak Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “anies baswedan sopir penyelamat wanita bunuh diri”

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “jokowi dan sri mulyani blusukan ke kpp grogol

Kesimpulan

BUKAN tentang penahanan Anies Baswedan. FAKTA: selain video menggunakan foto pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan.

Rujukan