(GFD-2023-12616) [SALAH] Loker Kasir dan Barista Starbucks

Sumber: Facebook
Tanggal publish: 16/05/2023

Berita

“Dibutuhkan Kasir Dan Barista STARBUCKS
3 KASIR WANITA
3 BARISTA WANITA
PENEMPATAN Di Mall MALIOBORO
BUTUH 3 KASIR WANITA
-MINIMAL TAMAN SMP/SMA
-PENGALAMAN/NON PENGALAMAN
-BARU TAMAT SEKOLAH BISA MELAMAR

MAKSIMAL USIA 35 TAHUN
WA IBU Dintan : 0877-1136-5420
Wa langsung di respon”

Hasil Cek Fakta

Akun Facebook Abdulrahman memposting sebuah informasi mengenai lowongan pekerjaan kasir dan barista di Starbuck dengan penempatan di Mall Malioboro. Dalam informasi yang diposting 1 Mei 2023 tersebut juga disertakan nomor Whatsapp atas nama ibu Dinta dengan nomor 0877-1136-5420.

Setelah ditelusuri, informasi mengenai lowongan pekerjaan kasir dan barista Starbucks merupakan hoaks yang sudah tersebar di media sosial, informasi yang disebarkan bernada sama namun pada penempatan lokasinya diubah-ubah. Berdasarkan artikel pada website humas.polri.go.id sudah ada 2 mahasiswa yang menjadi korban hoaks loker Starbucks yang akan ditempatkan di Palangka Raya. Korban diminta untuk membayar Rp 150 ribu dan Rp 300 ribu untuk menebus baju dan ikut BPJS ketenagakerjaan setelah dinyatakan diterima bekerja. Lebih lanjut Satria Nitha selaku Manajer Store Starbucks Palangka Raya saat dikonfirmasi oleh Humas Polda Kalteng menjelaskan loker resmi hanya ada di instagram resmi starbuck @karierstarbucksid yang dikelola pusat. Pada akun instagram @karierstarbucksid didapatkan informasi bahwa semua proses rekrutmen Starbucks Indonesia tidak dipungut biaya apapun dan hanya melalui link resmi dari instagram.

Dengan demikian informasi mengenai loker kasir dan barista starbucks dengan kontak Whatsapp atas nama ibu Dinta tidak benar. Proses rekrutmen Starbucks Indonesia hanya melalui link yang ada di Instagram @karierstarbucksid dan tidak dipungut biaya, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, proses rekrutmen Starbucks Indonesia hanya melalui link yang ada di Instagram @karierstarbucksid dan tidak dipungut biaya.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

Rujukan