(GFD-2023-12591) [SALAH] CINA BERHASIL KLONING NAGA

Sumber: Twitter
Tanggal publish: 13/05/2023

Berita

Kenapa di China sangat maju dalam hal Cloning dan Hybrid hewan ? Karena mereka gak suka dihalangi oleh para Agamawan .

Hasil Cek Fakta

Beredar video dari akun twitter bernama @balaputra_deva yang menampilkan ilmuwan dengan hewan yang diduga naga disertai narasi yang menyatakan bahwa China sangat maju dalam hal cloning dan hybrid hewan karena tidak dihalangi oleh agamawan.

Setelah dilakukan penelusuran, kompas.com menemukan quote tweet dari akun pemeriksa fakta @hoaxeye yang membantah cuitan tersebut.

Dalam cuitannya @hoaxeye mengatakan bahwa video tersebut sebelumnya sudah diunggah oleh akun tiktok @cabeladams pada Senin, 1 Mei 2023. Pada akun tiktok tersebut terdapat keterangan “Virtual Reality Sculptor, Concept Artist. Augmented Reality Displays”, sehingga dapat dipastikan bahwa gambar naga dalam video tersebut dihasilkan oleh perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa ilmuwan China berhasil mengkloning naga adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya gambar naga dalam video tersebut dihasilkan oleh perangkat kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Rujukan