(GFD-2023-12568) [SALAH] Ramuan Seumur Hidup Tidak Sakit Gigi Lagi

Sumber: FACEBOOK
Tanggal publish: 07/05/2023

Berita

“GEMPAR SEUMUR HIDUP GAK SAKIT GIGI LAGI KALOK NDAK DI SAKITI OLEH YANG KUASA”

Hasil Cek Fakta

Pada 8 April 2023 lalu muncul sebuah postingan di Facebook yang mengatakan bahwa ada ramuan herbal yang dapat membuat kita tidak akan pernah mengalami sakit gigi lagi seumur hidup. Lantas apakah klaim tersebut benar?

Dalam video unggahan tersebut, ramuan yang dimaksud dibuat dari daun jeruk dan garam yang diseduh air panas dan kemudian cara penggunaannya adalah dengan dikumur-kumur selama kurang lebih 3 menit.Tak lupa pada video tersebut juga ditambahkan tulisan “Gempar!! Seumur hidup gak sakit gigi lagi”

Dilansir dari liputan6.com, seorang dokter gigi bernama drg. Anggia Ratri Renjana menjelaskan bahwa metode yang dijelaskan dalam unggahan video tersebut tidak benar karena berkumur dengan rebusan daun jeruk dan garam hanya dapat meredakan rasa nyeri ketika sakit gigi saja bukan menyembuhkan secara menyeluruh.

Artikel yang diunggah di kompas.com pun juga memberikan pendapat dari dr. Inggid Tania MSI, seorang Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, ia memberikan tanggapan bahwa jeruk memang memiliki kandungan atsiri yang dapat meringankan nyeri sakit gigi, namun tetap saja tidak dapat digunakan sebagai solusi utama untuk obat sakit gigi.

Berdasarkan pada penelusuran tersebut maka dapat dikatakan bahwa klaim unggahan video jika rebusan daun jeruk dan garam bisa membuat kita tidak mengalami sakit gigi seumur hidup merupakan informasi yang tidak benar.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Informasi yang dibagikan tidak benar, karena daun jeruk dan garam hanya dapat digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi ringan dan tidak dapat dijadikan sebagai pengobatan utama apabila sakit gigi.

Rujukan