(GFD-2023-12536) [SALAH] Tabung Gas Kosong Meledak Setelah Digoyang-goyang

Sumber: Twitter
Tanggal publish: 04/05/2023

Berita

“LARANGAN KERAS!!! TABUNG GAS tdk boleh di GOYANG2, sekali pun TABUNG kosong, bisa menimbulkan LEDAKAN YG DAHSYAT!!
Silahkan lihat gambar dua orang ini sedang memper baiki tabung gas yg mampet dengan cara di goyang goyang akibat nya tabung meledak ber keping2”.

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter @arwidodo mengunggah video yang memperlihatkan dua orang menggoyang-goyangkan tabung gas kosong yang kemudian meledak. Video tersebut dilengkapi penjelasan bahwa sekali pun tabung gas kosong, tetap akan berpotensi meledak apabila digoyang-goyang. Video dan cuitan yang ditulis pada 29 April tersebut telah disukai oleh 37 orang, dikutip dan dibagikan ulang 27 kali, serta telah dilihat hampir 10,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut merupakan hoaks lama yang berkali-kali muncul kembali. Situs turnbackhoax.id pernah membahas informasi serupa pada 24 Mei 2022 dengan judul “[SALAH] Tabung Gas Meledak Saat Digoyang-goyang” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Selain itu, kompas.com juga pernah membahas hal tersebut dalam artikelnya yang berjudul “[HOAKS] Menggoyang Tabung Gas Bisa Sebabkan Ledakan”. Dilansir dari artikel tersebut, tabung gas yang digoyang-goyangkan tidak mungkin meledak, kecuali jika ada situasi lain yang memicu terjadinya ledakan.

Lebih lanjut, kompas.com juga menjelaskan bahwa video tersebut merupakan hasil suntingan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @arwidodo adalah hoaks lama yang muncul kembali dan merupakan konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Tabung gas yang digoyang-goyangkan tidak mungkin meledak, kecuali jika ada situasi lain yang memicu terjadinya ledakan.

Rujukan