(GFD-2023-12392) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Penampakan Gerhana Matahari di Manokwari Papua Barat

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 22/04/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim penampakan gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 20 April 2023.
Foto tersebut memperlihatkan cahaya yang bersinar dari sebuah benda di langit. Bahkan, cahaya itu tampak menembus awan. Foto tersebut kemudian kaitkan dengan kabar bahwa penampakan Gerhana Matahari di Manokwari, Papua Barat.
"Gerhana Matahari dari Manokwari Papua Barat," tulis salah satu akun Facebook.
Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 346 kali dibagikan dan mendapat 71 komentar dari warganet.
Benarkah foto tersebut merupakan penampakan gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat? Berikut penelusurannya.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim penampakan gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Images. Hasilnya terdapat foto identik yang diunggah oleh akun Instagram @lars_pohlmann pada 18 Maret 2023.
Berikut gambar tangkapan layarnya:
"tryptamine clouds - 1
created with MidJourney.com
Thanks for all the nice comments! ❤️Please keep in mind: Those images were created by an AI (MidJourney). I put words into a machine and post the best results," tulis akun Instagram @lars_pohlmann.
Dalam akun Instagramnya, @lars_pohlmann menulis bahwa dirinya meruapakan digital creator. Semua gambar yang diunggah di akun Instagram @lars_pohlmann adalah buatan artificial intelligence (AI).
 

Kesimpulan


Foto yang diklaim penampakan gerhana matahari di Manokwari, Papua Barat ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut bukan penampakan gerhana matahari di Manokwari. Foto tersebut adalah hasil karya dari digital creator @lars_pohlmann. Ia mengklaim bahwa foto-foto tersebut merupakan buatan artificial intelligence (AI).

Rujukan