(GFD-2023-12340) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Jurnalis Abadikan Burung Nyanyi Seperti Manusia di Tiongkok

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 16/04/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video jurnalis mengambadikan burung bisa nyanyi seperti manusia di Tiongkok, informasi tersebut dibagikan lewat aplikasi percakapan WhatsApp.
Unggahan klaim video jurnalis mengambadikan burung bisa nyanyi seperti manusia di Tiongkok menampilkan sejumlah orang sedang membidikan kameranya ke arah yang sama yaitu bagian atas, terdengar suara nanda dalam video tersebut dan saat pengambilan gambar digeser terlihat seekor burung di atas pohon.
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Di Tiongkok ada burung bisa nyanyi lagu spt manusia dgn suara keras dan nyaring di alam bebas, luar biasa, para jurnalis pada mengabadikanya. ☝️👍👍"
Benarkah klaim video jurnalis mengambadikan burung nyanyi seperti manusia di Tiongkok? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video jurnalis mengambadikan burung bisa nyanyi seperti manusia di Tiongkok, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.
 
Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya berjudul "網傳「經培訓的鳥會唱女高音」 查核中心:錯誤訊息  " yang dimuat situs news.ltn.com.tw, pada 6 Januari 2023.
Artikel situs news.ltn.com.tw menampilkan foto yang identik dengan cupilkan video, yaitu sejumlah orang sedang membidikan kameranya.
Artikel situs news.ltn.com.tw menyebutkan, berdasarkan penelusuran dengan gambar Baidu, mengarah pada video online yang identik tetapi tidak ada burung yang terlihat jelas di gambar. video menunjukkan bahwa seorang pejalan kaki yang melihat banyak orang tua memotret seekor burung dan berpikir bahwa merekam adegan ini adalah hal baru.
Laporan tersebut tidak menyebutkan "Conservatory of Music" atau nyanyian burung "Coloratura Soprano" Terlihat bahwa video online telah diubah.
Seorang peneliti pascadoktoral di Kantor Penelitian Ekologi Burung Universitas Sains dan Teknologi Ping Hong Xiaoyu mengidentifikasi spesies burung dalam klaim video tersebut. Hong Xiaoyu berkata bahwa burung dalam video online itu adalah "burung jalak berkerah hitam", yang merupakan burung yang sangat umum.
Sedangkan foto video online hasil penelusuran adalah "Bunga Pecking Payudara Merah", yang tidak mudah dilihat, dan lebih cenderung menarik orang untuk menonton dan memotret.

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video jurnalis mengambadikan burung bisa nyanyi seperti manusia di Tiongkok tidak benar.
Dalam video yang beredar terlebih dahulu, tidak ada suara burung yang mengeluarkan suara seperti manusia bernyanyi.
 

Rujukan