(GFD-2023-12323) Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Perayaan Hari Paskah di Arab Saudi

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 13/04/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 12 April 2023.
Unggahan klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi menampilkan sejumlah orang mengenakan baju jubah ungu dan penutup kepala putih, mengiringi benda yang posisinya lebih tinggi terdapat orang memanggul salib, dengan latarbelakang bangunan bercat putih. Pada beberapa atap bangunan tersebut terdapat bendera berwarna hijau putih hijau secara vertikal.
Dalam video tersebut juga terdengar suara musik dan orang yang mengabadikan peristiwa dalam video dengan menggunakan teleponnya.
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Perayaan paska di Arab Saudi,, 2023"
Benarkah klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi, dengan menggunakan Google Lens.
 
 
Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, di antaranya adventure-life.com yang memuat tulisan "Guatemala Easter Festival". Dalam tutlisan tersebut terdapat foto yang menampilkan orang berkostum identik dengan klaim yang sedang mengiringi orang memanggul salib. 
 
 
Situs adventure-life.com menyebutkan, foto tersebut terjadi di Antigua, Guatemala yaitu rumah bagi perayaan Paskah terbesar di dunia di mana Sengsara, Salib, dan Kebangkitan Yesus diperingati. Prosesi tersebut berakar pada tradisi Andalusia dan dibawa oleh misionaris Spanyol pada abad ke-16.
Para pembawa, atau cucurucha mengenakan kostum tradisional Maya.
 
Penelusuran juga mengarah pada situs dreamstime.com, dalam situs tersebut terdapat foto yang menampilkan sejumlah orang  menggunakan mengenakan kostum dan bangunan yang identik dengan klaim.
 
Dalam keterangan foto yang dimuat situs dreamstime.com, peristiwa dalam foto tersebut adalah prosesi Minggu Palem di depan katedral dan taman pusat di kota kolonial & Situs Warisan Dunia UNESCO Antigua, Guatemala Amerika Latin.
 
 

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi tidak benar.
Video tersebut adalah perayaan Hari Paskah di Antigua, Guatemala.
 

Rujukan