(GFD-2023-12313) [SALAH] Video “UNI EROPA MULAI TAKUT DENGAN ENCAMAN RI MINTA PERLINDUNGAN NATO”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 04/04/2023

Berita

NARASI: “UNI EROPA MULAI TAKUT DENGAN ENCAMAN RI MINTA PERLINDUNGAN NATO”.

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: tema yang diangkat di video TIDAK berkaitan dengan Indonesia. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan NATO, Uni Eropa dan Rusia untuk mengaitkan dengan Indonesia.

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 26 Nov 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV – Hadiri perhelatan relawan nusantara bersatu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) peragakan momen di KTT G20 saat dirinya bersalaman dengan para pemimpin negara di hadapan relawannya di GBK, Jakarta, Sabtu (26/11/2022)

Salah satu sumber artikel yang dibaca, KOMPAS.com pada 12 Jan 2023: “NATO dan Uni Eropa pada Rabu (11/1/2022) mengumumkan pembentukan satuan tugas bersama yang bertujuan memperkuat perlindungan infrastruktur penting dalam menghadapi ancaman dari Rusia.

Hasil pencarian Google Video, kata kunci: “jokowi kita negara besar waktu salaman tak tunduk”.

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “jokowi kita negara besar waktu salaman tak tunduk”.

Kesimpulan

MENYESATKAN, tema yang diangkat di video TIDAK berkaitan dengan Indonesia. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan NATO, Uni Eropa dan Rusia untuk mengaitkan dengan Indonesia.

Rujukan