(GFD-2023-12301) Cek Fakta: Hoaks Keponakan Cantik Ida Dayak Turun Tangan Ikut Bantu Obati Pasien

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 11/04/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang keponakan cantik Ida Dayak turun tangan membantu mengobati pasien beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 10 April 2023.
Akun Facebook tersebut mengunggah video berdurasi 3 menit 36 detik berisi foto-foto wanita cantik yang diklaim keponakan Ida Dayak. Bahkan, disebut-sebut keponakannya itu kerap membantu ibu dayak saat mengobati pasien.
"Pasien ibu Ida Dayak membludak dan bikin kewalahan, sekarang dibantu keponakannya. Diduga karena kelelahan itulah, membuat Ida Dayak akhirnya mengajak keponakannya untuk membantunya mengobati pasien. Siapa sangka, ternyata sosok keponakan Ida Dayak ini begitu menarik perhatian warganet," demikian narasi dalam video tersebut.
Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Ida Dayak dibantu keponakan cantiknya ketika mengobati pasien.
"Alhamdulillah!! Keponakan Cantik Ibu Ida Dayak Turun Tangan Ikut Membantu !! Ikhlas Sembuhkan Pasien," tulis salah satu akun Facebook.
Seperti diketahui, Ida Dayak sedang populer platform video Tik Tok dan Snack Video. Ini karena kemampuannya dalam menyembuhkan berbagai keluhan atau penyakit, seperti stroke. Tak hanya itu, dia juga bisa meluruskantulang yang bengkok, keseleo, dan salah urat.
Dalam videonya yang viral di Tiktok, Ibu Ida Dayak juga dapat membuat pasiennya yang tadinya tuli dan bisu bisa kembali mendengar serta berbicara.
Saat mengobati pasiennya, wanita yang memiliki nama asli Ida Andriyani ini selalu mengenakan pakaian ada dan aksesosir khas suku Dayak. Dia lahir di Pasir Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, 3 Juli 1972.
Ketika memulai pengobatannya, Ibu Ida Dayak juga selalu melafalkan kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.
Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 49 939 kali direspons dan mendapat 49 komentar dari warganet.
Benarkah kabar tentang Ida Dayak dibantu keponakan cantiknya saat mengobati pasien? Berikut penelusurannya.
 

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang keponakan Ida Dayak turun tangan membantu mengobati pasien. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar wanita yang diklaim keponakan Ida Dayak ke situs Google Images.
Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto serupa. Satu di antaranya artikel berjudul "Sosok Wanita Dayak ini Ramai Curi Perhatian, Kecantikannya Disebut 'Tak Ada Obatnya'" yang dimuat situs merdeka.com pada 4 September 2022.
Indonesia dikenal memiliki beragam suku, ras dan budaya. Salah satu suku yang ada di Indonesia adalah Suku Dayak. Menariknya, ada satu sosok wanita Dayak yang sukses mencuri perhatian. Melansir dari akun TikTok @non_carrey, Minggu (4/9), berikut potretnya.
Liputan6.com kemudian mengunjungi akun TikTok dan Instagram @non_carrey, yang diklaim sebagai keponakan dari Ida Dayak. Ternyata pemilik akun tersebut bernama Anastasya Linalolica.
Lewat konten Instagram Stories di akun @non_carrey, Anastasya Linalolica membantah kabar bahwa dia merupakan keponakan dari Ida Dayak.
"Mohon maaf atas berita yg beredar ini.
Saya klarifikasi yaa, saya bukan keponakan bu ida dayak.
Tapi saya salah satu fans berat beliau yg sangat membanggakan dan beliau baik hati membantu yg cacat tanpa di bayar mahal
love u so much @ida_dayak," tulis akun Instagram @non_carrey.
 

Kesimpulan


Kabar tentang keponakan Ida Dayak turun tangan membantu mengobati pasien ternyata tidak benar alias hoaks. Wanita dalam video itu bukan keponakan Ida Dayak. Lewat akun Instagramnya, @non_carrey wanita bernama Anastsya Linalolica memastikan bahwa dirinya bukan keponakan Ida Dayak.

Rujukan