(GFD-2023-12288) Benar, Joko Widodo Izinkan Timnas Israel Bertanding di Piala Dunia U-20 2023

Sumber: cekfakta.tempo.co
Tanggal publish: 07/04/2023

Berita


Sebuah akun Instagram mengunggah dua foto dan video yang diberi judul “Joko Widodo izinkan TIMNAS Israel bertanding di Piala Dunia U-20 Indonesia 2023”.
Pada slide ke-2, terdapat video Presiden Joko Widodo yang mengatakan, “urusan piala dunia ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina, FIFA memiliki aturan sendiri yang harus ditaati negara anggotanya. Jadi jangan mencampuradukan urusan olahraga dengan urusan politik.”
Jokowi juga mengatakan saat ini FIFA sudah mengetahui penolakan terhadap Timnas Israel. Oleh karena itu, pemerintah dan PSSI terus berusaha agar ada solusi terbaik. Ia juga mengatakan telah mengutus Erick Thohir untuk bertemu Presiden FIFA untuk mencari solusi.

Benarkah Presiden Jokowi mengizinkan Timnas Israel bertanding di Piala Dunia U-20 di Indonesia? Berikut pemeriksaan faktanya.

Hasil Cek Fakta


Tempo melakukan verifikasi terhadap narasi dan video tersebut dengan menggunakan Fake News Debunker by Invid, Google Image, Yandex Images, Google Translate, dan pemberitaan media.
Klaim: Joko Widodo ijinkan TIMNAS Israel bertanding di Piala Dunia U20 Indonesia 2023.
Fakta: Pada tanggal 28 Maret 2023, melalui YouTube Sekretariat Presiden, Presiden memberikan pernyataan resmi terkait Piala Dunia U-20, langsung dari Istana Negara.

Jokowi mengatakan, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, melalui proses seleksi yang panjang dan hasil usaha keras yang melibatkan banyak orang. Ia juga mengatakan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah kehormatan.
“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita,” kata Jokowi.
Jokowi juga mengatakan sependapat dengan duta besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. 
Video yang diunggah akun Instagram tersebut merupakan potongan pernyataan resmi Jokowi yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden tanggal 28 Maret 2023.

Kesimpulan


Berdasarkan pemeriksaan fakta Tim Cek Fakta Tempo, video dan narasi “Joko Widodo izinkan Timnas Israel bertanding di Piala Dunia U-20 Indonesia 2023” adalah benar.
Jokowi dalam pernyataan resmi mengatakan menjamin keikutsertaan Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia. Ia juga mengingatkan untuk tidak mencampuradukkan urusan politik dengan urusan olahraga.

Rujukan