(GFD-2023-12287) Menyesatkan, Timnas Israel Bermain Sepak Bola dalam Masjid Al-Aqsa Setelah Ditolak ke Indonesia

Sumber: cekfakta.tempo.co
Tanggal publish: 07/04/2023

Berita


Sebuah video beredar di aplikasi pesan Whatsapp dengan klaim Timnas Israel bermain sepak bola di dalam Masjid Al Aqsa, Yerusalem Timur, sebagai reaksi telah ditolak bermain di Indonesia.
Video yang mereka sebarkan memperlihatkan sejumlah orang dengan kepala dan wajah tertutup, bermain sepak bola di dalam sebuah ruangan. Motif dan warna karpet yang terlihat, mirip dengan yang ada di Masjid Al Aqsa.

Sebelumnya, penolakan sebagian warga Indonesia terhadap Timnas Israel telah menyebabkan dibatalkannya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA. Namun, benarkah klaim yang beredar itu?

Hasil Cek Fakta


Hasil verifikasi Tempo menunjukkan bahwa video sejumlah orang yang bermain sepakbola di dalam Masjid Al Aqsa itu, sudah pernah beredar di media sosial pada 15 April 2022. 
Video paling awal disebarkan salah satu akun di Twitter pada 15 April 2022 dengan narasi, “Mila on the Temple Mount you play football But inside Al Aqsa Mosque, a "holy" place will amaze you.”

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Avichay Adraee juga pernah membagikan video tersebut pada tanggal 15 April 2022. Ia tidak menyebut langsung kelompok mana yang bermain sepak bola itu, namun mengatakan aktivitas itu menodai kesucian Al Aqsa.
Akun-akun lain saling mengklaim bahwa orang-orang yang bermain sepakbola adalah Palestina, tapi ada juga yang menyebut dari kelompok Israel. Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai hal ini.
Namun, aktivitas di dalam Masjid Al Aqsa itu bersamaan dengan serangan Israel pada warga Palestina. Dikutip dari berita Al Jazeera pada 15 April 2022 berjudul “Israeli forces raid Al-Aqsa Mosque, over 150 Palestinians injured”, pasukan Israel menyerang kompleks Masjid Al Aqsa. Konflik itu dan penahanan warga Palestina yang dilakukan, menyebabkan setidaknya 158 orang terluka.

Kesimpulan


Hasil penelusuran klaim yang beredar di WhatsApp, bahwa Timnas Israel bermain sepak bola di dalam Masjid Al Aqsa setelah ditolak Indonesia dalam Piala Dunia U-20 baru-baru ini, adalah menyesatkan.
Video itu telah beredar di Twitter sejak tanggal 15 April 2022, yang bersamaan dengan berita serangan pasukan Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al Aqsa.

Rujukan