(GFD-2023-12269) Cek Fakta: Tidak Benar Video Ini Kilang Pertamina Dumai Kebakaran

Sumber: liputan6.com
Tanggal publish: 04/04/2023

Berita


Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 2 April 2023.
Klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran yang diunggah menampilkan kobaran api dan asap hitan dengan pencahayaan yang minim, video tersebut diambil dari ketinggian.
Dalam video tersebut terdengar suaara perempuan dan lelaki.
Berikut transkrip suara dalam video tersebut.
"Apii... ayo..," suara teriak seorang perempuan dalam video tersebut.
"innalillahiwainnailaihirajiun" suara serorang lelaki dalam video tersebut, kemudian terdengar suara ledakan dan api yang membesar.
Kemudian terdapat narasi "apinya gede banget ini di Pertamina".
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Kilang pertamina dumai terbakar.... Siapa lagi yg mau di salahkan..."
Benarkah klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Hasil Cek Fakta


Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video kilang Pertamina Dumai kebakaran, dengan menangkap layar video tersebut untuk dijadikan bahan penelusuran menggunakan Google Image.
 
 
Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Two children among 17 people killed after fire at Jakarta fuel storage depot" yang dimuat situs theguardian.com, artikel situs tersebut memuat video yang identik dengan klaim.
 
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.
"Huge fireball seen in Jakarta sky during blaze at fuel storage depot".
 
Artikel situs theguardian.com menyebutkan, peristiwa dalam video tersebut merupakan ledakan dan kebakaran yang terjadi di depo bahan bakar minyak (BBM) di Jakarta.  
Penelusuran juga mengarah pada video berjudul "VIDEO: Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang" yang dimuat Liputan6.com, dalam video yang diunggah terdapat tayang yang identik dengan klaim dalam detik 0.43.
 
Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.   
Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara kebakaran Jumat (3/3/2023) malam. Diketahui Depo Pertamina Plumpang adalah pemasok sekitar 20 persen kebutuhan BBM harian di Indonesia.
 Menteri BUMN Erick Thohir meminta pengusutan dan evaluasi oleh Pertamina.
 

Kesimpulan


Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video kebakaran kilang Pertamina Dumai tidak benar.
Peristiwa dalam video tersebut adalah kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam.
 

Rujukan