(GFD-2023-12235) [SALAH] Video “TAK INGIN SENASIB DENGAN MALAYSIA,AUSTRALIA DIAM DIAM KEMBALI RENCANAKAN SERANGAN BESAR-BESARAN”

Sumber: facebook.com
Tanggal publish: 29/03/2023

Berita

NARASI: “TAK INGIN SENASIB DENGAN MALAYSIA,AUSTRALIA DIAM DIAM KEMBALI RENCANAKAN SERANGAN BESAR-BESARAN__”.

Hasil Cek Fakta

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI, FAKTA: isi video TIDAK sesuai dengan judul. Selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina vs Rusia dan Tiongkok vs Taiwan menjadi Australia, Indonesia dan Malaysia.

Salah satu sumber video dengan bagian yang identik, ABC News (Australia) di YouTube: “#ABCNews #ABCNewsAustralia Prime Minister Anthony Albanese has become the first foreign leader to speak on the floor of Papua New Guinea’s parliament in Port Morseby. …”

Artikel yang dibaca di video, RMOLID: “China tampaknya menggunakan momentum ketegangan antara Rusia dan Ukraina untuk menyiapkan rencana menyerang Taiwan. Invasi ke Taiwan dilakukan saat perhatian dunia terfokus pada kemungkinan Rusia yang menyerang Ukraina.

Reuters: “SYDNEY, Jan 7 (Reuters) – Australian Prime Minister Anthony Albanese said on Saturday he would travel to Papua New Guinea this week in a bid to boost bilateral ties and aid “friendship” in the Pacific region.

Kesimpulan

MENYESATKAN, isi video TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina vs Rusia dan Tiongkok vs Taiwan menjadi Australia, Indonesia dan Malaysia.

Rujukan