(GFD-2023-12232) [SALAH] Anies Baswedan Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan Berkali-kali

Sumber: Twitter
Tanggal publish: 30/03/2023

Berita

“SUMPAH JABATAN SEPARO HATI
Blunder Berulang = Gagal berlanjut”.

Hasil Cek Fakta

Akun Twitter @DWILAKS78722248 mengunggah video yang memperlihatkan Anies Baswedan salah mengucapkan sumpah jabatannya berulang kali. Pengguna Twitter tersebut juga menuliskan keterangan bahwa Anies Baswedan melakukan sumpah jabatannya dengan separuh hati sehingga mengalami blunder berulang kali. Video dan cuitan tersebut diunggah pada 21 Maret dan telah dilihat hampir 900 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut telah diedit. Pada video lengkap yang diunggah di akun YouTube resmi CNN Indonesia berjudul “Sah! Anies-Sandi Resmi Pimpin Jakarta, Pelantikan Gubernur & Wagub DKI oleh Presiden Jokowi”, terlihat bahwa Anies Baswedan hanya mengulang sumpah jabatannya satu kali.

Informasi tersebut merupakan hoaks berulang yang telah dibahas di http://turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Anies Baswedan Salah Mengulang Sumpah Jabatan Berulang Kali” dan dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi / Manipulated Content.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @DWILAKS78722248 merupakan konten yang dimanipulasi.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Video yang memperlihatkan Anies Baswedan salah mengucapkan sumpah jabatannya berulang kali merupakan hasil suntingan. Faktanya, Anies Baswedan hanya mengulangi sumpah jabatannya satu kali.

Rujukan